Antara Blog Niche atau Gado-Gado


Salam jumpa dengan Kangbabas! Ngeblog memang memiliki keasyikan tersendiri. Disamping itu juga bisa digunakan untuk menyalurkan hobi atau juga melampiaskan kepenatan. Bisa juga untuk mencari nafkah. Semuanya tergantung dari tujuan setiap individu yang ngeblog.

Banyak blog yang muncul di internet setiap harinya, bisa jadi ribuan bahkan jutaan. Ada yang iseng-iseng mencoba membuat blog, ada yang karena tugas sekolah, ada juga yang karena tuntutan pekerjaan. Yah, karena membuat blog memang gratis. Jadi syah-syah saja jika setiap orang ingin membuat dan memiliki blog.

Awal mula seseorang mengenal blog memang untuk coba-coba, dengar dari teman, atau sodara, atau membaca dari internet, bahwa blog memiliki banyak manfaat. Apalagi jika sudah tahu bahwa blog bisa menghasilkan uang. Maka jangan heran jika pertumbuhan blog dari waktu ke waktu semakin meningkat. Dari anak sekolah, anak kuliah, dosen, pegawai, pekerja, pensiunan, bahkan orang tua ada yang telah memiliki blog. Bukan hanya satu, tetapi bisa jadi lebih dari satu blog.

Blog memang tidak mengenal gender, tidak mengenal usia, tidak mengenal ras. Semuanya bebas mengekspresikan segala hal lewat blog. Namun ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan jika blog tersebut digunakan untuk monetasi.
Blog Niche atau Gado-Gado
Banyak sekali tipe blog yang ada di internet. Ada yang berniche ada juga yang gado-gado. Blog Niche yaitu blog yang memiliki tema khusus dan informatif. Baisanya mereka membahas topik tertentu saja. Misalnya blog traveler yang berisi informasi khusus bagi para traveller. Atau bisa juga blog memasak yang berisi tentang resep masakan khusus bagi kaum ibu-ibu pecinta masakan.

Beda halnya dengan blog gado-gado. Blog gado-gado memiliki tema yang luas. Berisi tentang informasi segala hal. Campur aduk, sesuai dengan mood dan ide penulisnya. Bisa jadi berisi tentang artikel berita, kumpulan tips, cerita cinta, gossip, selebriti, otomotif, dan lain sebagainya. Pokoknya topiknya bebas, campur-campur deh.

Antara memilih blog niche atau gado-gado, saya kira keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Blog niche memiliki kelebihan memiliki satu topik khusus. Sehingga topik bahasan semakin sempit. Jadi tidak terlalu pusing untuk selalu memikirkan ide untuk posting artikel karena topiknya hanya itu saja. Blog niche bisa menjadi blog otoritas dan rujukan. Dan juga blog niche mudah untuk dioptimasi, karena hanya memiliki kata kunci tertentu sesuai dengan niche tersebut.

Sebaliknya dengan blog gado-gado. Blog gado-gado memiliki konsep artikel yang tidak tertuju pada kategori tertentu, ini kadang membuat artikel yang satu dengan yang lainnya tidak berhubungan. Dengan adanya variasi artikel ini, membuat penulis tidak perlu harus menguasai topik tertentu karena banyak hal yang bisa ditulis. Penulis bebas menulis sesuai dengan mood dan ekspresinya. Biasanya blog gado-gado akan cepat terkenal dibandingkan dengan blog niche.

Bagaimana dengan blog anda? Blog Niche atau gado-gado? Menurut saya, blog niche banyak memiliki keuntungan dibandingkan dengan blog gado-gado. Bisa diibaratkan bahwa blog niche itu seperti dokter spesialis, sedangkan blog gado-gado itu seperti dokter umum. Begitulah pandangan sederhananya. Tergantung tujuan anda membuat sebuah blog. Anda bisa menilai sendiri baik buruknya kan?

Apapun sebutannya, semuanya tidak tergantung itu saja. Banyak faktor yang bisa menjadikan blog niche atau blog gado-gado menjadi terkenal dan besar. Intinya adalah dengan selalu bekerja keras, mengupdate artikel yang bermanfaat (Baca juga: Cara Membuat Artikel Berkualitas) , sehingga referensi artikel diblog anda banyak. Melakukan langkah-langkah seo yang baik sehingga visitor anda bertambah banyak setiap harinya. (Baca juga : Langkah SEO Setelah berganti Domain).

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
BroCay
AUTHOR
May 28, 2014 at 9:33 PM delete

oh jadi kalau punya blog gado2 harus kerja keras ya mas?

Reply
avatar
Redaksi
AUTHOR
April 4, 2015 at 4:30 PM delete

Bisa gk blog gado gado mndapat lbih bnyak penghasilan dripada blog niche...???

Reply
avatar
Kangbabas
AUTHOR
April 29, 2015 at 9:12 PM delete

blog gado-gado bisa dapat lebih banyak penghasilan jga ms

Reply
avatar