Domain Baru dan Langkah SEO nya


Alasan berganti domain memang banyak sekali, Dampak positif dari berganti domain adalah situs, blog akan lebih dikenal, akan lebih praktis, mudah mengingatnya, lebih profesional dan lain sebagainya. Semua tahu, bahwa ganti domain sekarang sudah sangat marak di internet. Ada banyak sekali domain TLD baik itu berbayar maupun gratis. Bagi anda yang ingin free TLD domain, bisa mencoba domain TLD seperti halnya dot.CF, dot.GA, dot.tk, dan dot.ml. Domain ini memang terbilang unik, karena terbilang pendek. Namun, bukan karena apa, masalah yang mungkin perlu diperhatikan adalah, setiap anda berganti domain, maka anda akan memulai blogging dari awal. Alias dari nol.

Kenapa bisa begitu? Ya jelas, kalo domain sudah habis, expired, maka alamat situs andapun akan hilang tidak bisa ditemukan di mesin pencari. Ibarat anda memiliki sebuah rumah, kemudian anda pindah rumah. Otomatis, semua pengunjung blog atau situs anda akan kelabakan, karena situs yang dituju sudah tidak ada lagi. Semua artikel yang telah terindeks dengan domain yang baru ini akan membutuhkan waktu untuk bisa terindeks kembali di mesin pencari. Jadi anda harus punya kesabaran untuk bisa bangkit dari nol tersebut.

Jika anda berganti domain, maka akan berakibat visitor anda turun drastis. Dikarenakan kebanyakan visitor itu berasal dari search engine. Dengan ganti domain baru maka alamat situs anda menjadi asing bagi sistem mesin pencari. Dan butu perkenalan baru tentunya. Maka dari itu blog anda harus lebih bermutu dalam mengelola script-script yang meghubungkan ke mesin pencari, seperti halnya GoogleBot  Access.

Jika anda mengganti domain baru, cobalah anda amati. Peringkat situs anda pasti akan turun juga. Begitu juga dengan peringkat alexa. Jika anda sebelumnya telah memiliki pagerank 2, maka jangan terkejut jika peringlat tersebut akan hilang kurang lebih 2 hari sejak anda ganti domain. Dan butuh waktu untuk normal kembali. Bisa jadi 2 atau 3 minggu.

Bagi anda yang ingin ganti domain baru, tak perlu risau dan galau. Jangan terlalu mengkhawatirkan akan hal ini. Semua pasti ada dampak positif dan negatifnya. Namun, disitulah asiknya dunia blogging. Berikut ini Kang Babas berikan tips Bagaimana langkah SEO terbaik untuk situs yang baru saja ganti domain.

Daftarkan dulu blog anda ke Search Engine seperti Google,Yahoo, dan Bing agar blog anda bisa beradaptasi. Jangan buat sepele untuk hal ini, karena jika anda terus menerus melakukan usaha tanpa memikirkan dampak negative, situs/blog anda akan terperangkap ke dalam bahaya google.

Pastikan posting artikel tetap berlanjut, minimal 3 atau 4 kali dalam seminggu sudah bisa mewakili blog anda dalam proses indeks di mesin pencari.

Lakukan blogwalking, dengan ini situs blog baru anda bisa beradaptasi dengan blog lain. Semakin banyak blogwalking dilakukan, semakin banyak pula kesempatan anda mendapatkan banyak pengunjung.

Submit ke socialbook berpagerank tinggi. Dengan ini, peluang yang akan di dapat sangat banyak, blog anda akan bertahan lama di page one. Semua harus dengan cara-cara yang benar namun tidak boleh Spam tentunya.

Jangan lupa untuk men share ke jejaring social seperti halnya Facebook, Twitter, Google+, Digg, Pinterest, dll. Karena banyak sekali nantinya orang yang mengklik url yang telah anda share tersebut.

Jika anda ikuti tips ini, Kang Babas jamin situs, blog anda akan cepat normal kembali. Jadi, apakah sudah siap untuk berganti domain? silahkan bagi pengalaman anda disini.

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Kang Jum
AUTHOR
December 21, 2013 at 8:25 PM delete

benar mas bro, semoga berhasil dengan domain barunya.

Reply
avatar
SYAIKHUL AMRI
AUTHOR
December 23, 2013 at 11:21 PM delete

Patut untuk di coba kang. kunjungi balik kang

Reply
avatar
Linda
AUTHOR
February 8, 2014 at 10:10 PM delete

kapan2 sy coba deh mas
sy punya blogspot tapi mau ganti domain takut ilang trafficnya makanya ga berani
setelah baca ini sy coba pikir2 lagi buat ganti domain baru deh

Reply
avatar