Pengaruh Update Artikel Terhadap SEO

Kembali bertemu dengan KangBabas. Kali ini akan membahas tentang pengaruh update artikel di blog terhadap SEO (search engine optimization). Memang jeda posting di blog KangBabas tidak terlalu sering, bahkan bisa dikatakan jarang. Maklumlah KangBabas masih disibukkan dengan beternak kenari. Jadi kadang tidak sempat untuk posting artikel. Hal ini juga sebagai bagian dari proses ujicoba dan reset blog ini.
Pengaruh Update Posting Artikel terhadap SEO

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dulu anggapan sering update artikel akan lebih disukai oleh google. Namun sepertinya, anggapan tersebut berubah. Sejak diterbitkannya algoritma hummingbird, semua blog dan web merasakan perubahan yang besar terhadap SEOnya. Google kini memiliki cara yang unik dalam hal pencarian.

Menurut sumber terpercaya, yaitu Matt Cutts yang saya dapatkan dari google webmaster help, mengatakan bahwa bahwa frekuensi update posting dari sebuah blog tidak terlalu diperhitungkan oleh algoritma google. Bahkan dia mengatakan, jauh lebih baik menunggu hingga beberapa hari atau malahan beberapa minggu waktu yang dibutuhkan untuk menulis dan mempelajari topik yang ingin dibahas dari sebuah konten atau artikel yang benar-benar berkualitas untuk pembaca. Silahkan anda lihat sendiri video pernyataannya dibawah ini :

)

Nah, dengan bukti otentik ini, jelaslah sudah bahwa frekuensi update posting artikel bukanlah pengaruh besar dalam teknik SEO (Seperti yang pernah KangBabas posting sebelumnya : Domain baru dan langkah SEOnya) Karena google sekarang tidak lagi mementingkan hal tersebut. Yang lebih menjadi perhatiannya sekarang adalah masalah isi atau konten artikel.

Blog ini memang menjadi percobaan. Apakah perkembangannya memang baik ataukah menjadi buruk. Berdasarkan data yang ada. Hasil dari alexa rank dan google analytic menunjukkan grafik perkembangan yang progresif. Memang ada beberapa kata kunci yang masih dalam posisi aman. Ini bisa menjadi sedikit bukti bahwa algoritma hummingbird memang unik. Google menggunakan persamaan kata atau sinonim untuk menemukan halaman blog atau web yang berkualitas dan bukan dari kata yang diketikkan.

Jadi, kesimpulannya yaitu :

  • Konten adalah raja (content is still the king). Buatlah struktur kalimat yang baik dan benar dalam postingan anda. Sehingga pembaca mudah dalam
  • memahami apa yang disampaikan.
  • Gunakan beberapa sinonim atau persamaan kata. Berikan penjelasan yang lebih baik dari kata yang anda ingin targetkan. Contohnya seperti : SEO. Anda bisa menjabarkannya menjadi Search Engine Optimization. Dan berikan penjelasan tentang Apa itu SEO, bagaimana SEO dan sebagainya.
  • Buat artikel yang selalu dicari-cari orang, walaupun trend sekarang ini telah berubah.
  • Buat artikel yang benar-benar bermanfaat dan disukai oleh pembaca. Dengan semakin lama pembaca betah membaca artikel yang anda tulis, maka menandakan artikel anda berguna bagi pembaca.
  • Ganti template blog anda menjadi responsive dan valid html. Misalnya saja template  blogger Avoid Mag. Ini akan membantu anda untuk mendapatkan visitor atau pengunjung dari berbagai sumber device. Misalnya laptop, tablet dan smartphone.
Namun, posting artikel yang terjadwal juga perlu. Hal ini untuk memberikan artikel yang fresh bagi pembaca, pelanggan feed, maupun untuk sekedar menambah kata kunci baru diblog anda.

Bagaimana pendapat anda tentang Pengaruh Update Posting Artikel terhadap SEO? Apakah anda setuju dengan KangBabas? Mari berbagi pengalaman blogging disini.

Baca Juga Tips Blogging Trend ini :
Scrip Blogspot Untuk Optimasi SEO
Cara Mengusir Kejenuhan Blogging

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments