Beternak Kenari Lokal


Beternak Kenari Lokal
Saya adalah salah satu penggemar burung kenari lokal. Asal mula saya mencintai burung ini adalah karena dikasih oleh saudara saya. Dia mendapatknnya dijalan. Entah kenari siapa yang lepas, sehingga berada hinggap di pagar orang. Singkat cerita, setelah diburu dalam waktu yang agak lama, akhirnya kenari bisa ditangkap dan dibawa kerumah.

Karena tergolong jenis kenari lokal, dan posturnya yang kecil serta masih umur beberapa bulan, maka kenari ini akhirnya diberikan kepada saya. Yah, dari situlah awalnya saya mulai mencoba belajar merawat kenari lokal ini. Segala informasi dan berita tentang kenaripun akhirnya saya pelajari lewat google dan juga tutorial saudara saya. Kini, kenari lokal yang saya rawat sudah menjadi kenari yang gacor dan berisi. Dia sudah menghasilkan banyak manfaat bagi saya, karena selama ini yang saya lakukan adalah beternak kenari lokal dirumah.

Sekarang, kenari lokal saya sudah mulai berkembang dan banyak. Ada banyak kenari betina yang sudah mengeram dan meloloh. Sedikit demi sedikit dari penjualan kenari lokal, saya sudah bisa mendapatkan kenari jenis AF. Terus terang, dari kenari jenis AF ini selain body nya yang agak besar, harga jualnya pun diatas kenari lokal. Jadi cocok jika dibuat untuk ternak.

Hari-hari saya lewati dengan banyak merawat momongan. Mulai dari menjemur kenari, memberikan pakan, sampai membersihkan sangkarnya menjadi kegiatan rutin saya. Hari ini, Kabar yang menggembirakan bahwa kenari yang saya jodohkan dengan kenari AF sudah mulai bertelur. Besok diperkirakan telur akan bertambah satu sampai maksimal 4. Yah, semoga semuanya berjalan lancar. Aamiin.

Beternak kenari lokal memang menguntungkan, karena sekarang ini banyak peminatnya. Banyak yang mencari anakan kenari lokal. Jadi untuk masalah harga masih relatif stabil. Jika dibandingkan dengan beternak burung jenis lainnya, beternak kenari terbilang cepat dalam berproduksi. Karena siklus dari penjodohan, mengeram,sampai telur menetas dan indukan meloloh sampai kenari anakan bisa makan sendiri kurang lebih sekitar 4 minggu.

Jadi, bisnis ternak kenari lokal bisa menjadi alternatif yang bisa anda coba. Apalagi jika anda adalah penghobi kenari, tentunya akan lebih mudah dan berkembang menjadi besar tentunya. Selamat mencoba.

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »