Apa dan Bagaimana Algoritma Hummingbird


Halo, jumpa lagi dengan KangBabas yang kali ini ingin memberikan catatan tentang Apa, Bagaimana, dan Cara Menghadapi  Algoritma Hummingbird. Dari banyak artikel dan situs terkenal yang saya baca, memang semua memberikan penjelasan yang hampir sama. Untuk memulainya, kita bahas satu persatu.

Apa itu Algoritma ?

Berdasarkan kamus wikipedia, Algoritma yaitu kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma.

Bahasa mudahnya, yaitu suatu susunan yang logis dan sistematis yang dirancang untuk memecahkan suatu masalah dan tujuan tertentu. Algoritma tidak hanya diterapkan dalam dunia komputer, namun diterapkan juga dalam kehidupan sehari-hari.
Apa dan Bagaimana Mengatasi Algoritma Hummingbird

Apa itu Hummingbird?

Nah, hummingbird adalah nama dari algoritma terbaru Google yang diluncurkan sejak bulan Agustus tahun 2013 kemarin yang bertujuan untuk menghasilkan pencarian yang lebih baik.

Bagaimana Cara Kerja Algoritma Hummingbird?

Dari berbagai sumber terpercaya, Google memang tidak memberikan informasi yang cukup detail mengenai Google Hummingbird saat ini. Google hanya mempublikasikan cara kerjanya secara garis besar. Yaitu Google tidak lagi menilai kata–kata tertentu, tetapi menilai setiap kata pada artikel dan memastikan semua kalimat diperhitungkan. Google menggunakan cara tersebut agar memberikan informasi yang relevan pada Search Engine Result Page.

Di dalam sistem Google ada beberapa algoritma yang dipasang untuk mengolah data dari setiap halaman suatu web. Ada yang bertugas memproses nama domain, memproses link, memproses on-page, memproses konten, ada yang memproses popularitas, dan lain sebagainya. Bisa dikatakan bahwa algoritma terbaru ini adalah lebih komplit demi kualitas pencarian yang lebih tepat dan cepat.

Bisa diibaratkan, algortima Hummingbird ini adalah sebuah mesin jet dimana Google pinguin dan google panda adalah sebagian onderdil pelengkap yang dipasang didalamnya.

Hal ini tentunya sangat berdampak bagi para blogger dan webmaster akibat trafik yang turun. Bahkan turun secara drastis. Karena perubahan algoritma ini 90% berpengaruh dalam hasil pencarian.


Tips Cara Mengatasi Algoritma Hummingbird ?

Tinggalkan Copy Paste
Jika anda mempunyai kebiasaan Copy Paste artikel, silahkan buang kebiasaan tersebut. Karena ini akan sangat berdampak buruk pada situs anda. Perhatikan kualitas artikel yang anda posting. Menulis artikel berkualitas tidak hanya di sukai oleh google, pengunjung blog juga akan sangat senang jika blog anda berisikan konten yang mudah mereka pahami. Tulislah apa adanya, singkat dan jelas.

Kata Kunci pada Konten.
Menulis kata kunci yang padat dan tepat sasaran pada artikel akan sangat berpengaruh bagi rangking dan kualitas artikel. Menurut hemat saya, usahakan anda menuliskan kata kunci tidak lebih dari 3 buah untuk memaksimalkan target dan terhindar dari SPAM. Isilah artikel anda dengan kalimat yang efektif dan bermanfaat bagi pembaca.

Struktur blog yang Seo-Friendly.
Agar kinerja perayapan mesin google di blog anda lebih baik, perlu anda perhatikan struktur template, tag dan kata kunci yang efektif. Penyusunan Meta-tag yang tepat dan struktur template yang seo friendly akan sangat membantu blog anda dalam optimasi.

Iklan google adsense.
Untuk yang satu ini menurut hemat saya tidak usah dipertanyakan lagi. Blog yang sukses daftar adsense sudah dijamin kualitas dan kuantitasnya oleh google tentunya. Jika anda masih belum memiliki akun adsense atau merasa kesulitan dalam mendaftar adsense. Silahkan hubungi saya.

Apakah anda sudah mencoba memahami algoritma hummingbird ini? Silahkan anda praktekkan dengan membuat konten yang efektif, berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Jika artikel anda mampu muncul di halaman pencarian Google, berarti anda telah berhasil. Selamat mencobanya.

Baca Juga Tips Blogging Hot dibawah ini:

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »