Penyebab Kegagalan Blogger Pemula Seri - 3 dan 4


Kali ini kangbabas akan melanjutkan session yang ketiga membahas tentang penyebab kegagalan blogger dalam dunia internet. Dari berbagai sumber dan fakta yang ada, memang tidak bisa dipungkiri, bahwa semua blogger ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam waktu yang singkat. Namun justru inilah yang menjadikan salah satu penyebab kegagalan blogger pemula. Penyebab ketiga adalah karena Bogger Selalu ingin sempurna.

Di dunia ini tidak ada yang sempurna, yang ada hanya bagaimana cara mengurangi kesalahan agar mendekati kesempurnaan. Dalam hal blogging, rumus itu juga perlu diterapkan. Anda tidak bisa memiliki sebuah blog dan menjalani blogging secara sempurna. Pasti ada kekurangan dan di sinilah peran learning by doing dibutuhkan.

Blogger pemula selalu berupaya untuk tampil sempurna dalam blogging. Tidak percaya? Misalnya, sering melakukan eksperimen utak-atik desain blog, kurang percaya diri dalam menciptakan personal branding, malu menulis dan mempublikasikannya di blog, hingga takut di nilai jelek ketika ingin mempraktikan beberapa ilmu blogging yang sudah dipelajari. Ketakutan untuk tidak tampil sempurna inilah yang pelan-pelan menghambat jalan mereka untuk maju.

Apa yang semestinya harus dilakukan? Mulailah melakukan kegiatan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Anda tidak mungkin bisa menciptakan kesempurnaan dalam berbuat, percayalah. Sehebat apapun anda, anda tidak akan pernah bisa melakukan sebuah hal dengan sempurna. Nah, di kenyataan inilah anda perlu learning by doing untuk menutupi celah- celah kekurangan demi mendekati kata sempurna. Percaya diri, jangan takut salah, dan selalu yakin jika blog dan blogging yang benar hanya dapat diperoleh melalui sebuah proses yang panjang dan matang.

Penyebab keempat adalah karena blogger Gagal dalam manajemen waktu. Blogger pemula sering menghabiskan banyak waktu untuk mengenal dan mempelajari blogging. Hal ini bisa dimengerti karena mereka pasti penasaran dan ingin memenuhi hasrat rasa penasaran tersebut dengan menjelajah semua hal yang berkaitan dengan blogging sebanyak-banyaknya. Seorang blogger pemula bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer untuk mencari tutorial teknis, tips dan trik blogging, dan cara instan mendapat banyak uang dari blog dengan cepat.

Awalnya semangat mereka terhadap blogging memang besar, tetapi berangsur
pudar ketika merasa bosan akibat ketidakjelasan arah dan minimnya hasil yang didapat. Apa yang menyebabkan semua itu? Salah satunya adalah kesalahan dalam membagi waktu. Blogger pemula tidak bisa membedakan kapan waktu untuk mencari ilmu, kapan mereka harus mulai praktik, dan kapan waktu yang dilakukan untuk evaluasi. Semuanya gagal direncanakan dan bercampur aduk menjadi satu karena dorongan semangat yang tinggi.

Oleh karena itu, seorang blogger pemula harus bisa membagi waktu bloggingnya dengan bijak. Saya yakin jika anda sebagai blogger pemula juga memiliki kesibukan offline di luar sana. Mungkin kesibukan itu merupakan tanggung jawab besar yang lebih penting dari sekadar blogging. Nah, jika kondisi yang dialami seperti itu maka luangkanlah waktu khusus untuk blogging. Tidak harus lama, yang penting rutin dan konsisten. Ketika waktu blogging sudah tersedia maka itulah kesempatan emas bagi Anda untuk mulai menggunakannya pada keperluan berburu teori atau ilmu, memulai praktik blogging yang baik, dan waktu khusus untuk evaluasi. Lakukan semuanya secara proporsional dan sama rata. Dengan konsistensi dan bekal pengalaman yang semakin berkembang maka kegiatan blogging yang anda lakukan akan semakin mudah dan menjauhkan dari kegagalan. 

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Ari
AUTHOR
May 15, 2013 at 8:16 PM delete

kadang boan juga bro wlaaupun duoit lancar

Reply
avatar
Paket SMS
AUTHOR
July 22, 2013 at 10:25 PM delete

Memang blogging membutuhkan disiplin dan bukan cara cepat untuk kaya...

Reply
avatar
resep sayur
AUTHOR
July 22, 2013 at 10:31 PM delete

Kegagalan adalah sebuah cambuk untuk terus berusaha dan sukses menanti para blogger yang bertahan...

Reply
avatar