Cara Merubah File PDF ke JPG dan Sebaliknya di Ubuntu

Jika anda pengguna OS ubuntu, maka ada banyak aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Jadi tidak ada alasan bahwa linux itu sulit. Bagi saya OS linux itu menyenangkan. Banyak aplikasi yang sebenarnya tidak kalah dengan OS yang lainnya.
Convert File PDF ke JPG dan Sebaliknya di Ubuntu
Berikut ini adalah cara sederhana merubah file PDF ke JPG dan sebaliknya di ubuntu. Untuk melakukannya, anda terlebih dulu install aplikasi IMAGEMAGICK dengan perintah pada terminal sbb : Sudo apt-get install imagemagick dan tunggu proses sampai selesai.

Nah, sekarang anda bisa mencoba untuk merubah file PDF ke format JPG dengan perintah pada terminal. Terlebih dulu anda taruh file PDF yang akan anda ubah tersebut di dalam folder /Home dan diberikan nama, misalnya ktp.pdf

Buka terminal dan ketik perintah dibawah ini :
convert ktp.pdf to ktp.jpg atau
convert ktp.pdf to ktp.jpeg atau
convert ktp.pdf to ktp.png

Anda bisa memilih salah satu perintah diatas sesuai dengan format yang anda inginkan. Sama halnya jika anda ingn merubah file dari format JPG ke format PDF. Anda tinggal merubahnya saja. Misalnya : convert ktp.jpg to ktpbaru.pdf
Jadi Intinya adalah : convert (nama file yg akan diubah) to (nama file yg akan jadi)

Jika anda ingin merubah kualitas file tersebut, anda tinggal menambahkan perintah -quality atau -density seperti contoh dibawah ini :
convert -quality 100 -density 50 ktp.jpg to ktp.pdf atau
convert -quality 100 -density 100 ktp.jpg to ktp.pdf
Anda bisa merubah angka pada perintah -quality atau -density sesuai yang anda inginkan.

Sebenarnya ada banyak lagi perintah yang bisa dipakai misalnya untuk merotasi, merubah ukuran dan lain sebagainya. Mungkin lain waktu bisa kita sambung lagi. Silahkan mencoba.

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »