Manfaat Sinar Ultraviolet Bagi Kenari


Hari ini, cuaca masih terasa dingin, walaupun tidak hujan. Hanya awan mendung yang menyelimuti. Setelah beberapa hari bahkan minggu kemarin diguyur hujan tanpa henti, membuat semua kenariku dirumah pada drop dan jarang berkicau.

Memang benar bahwa sinar matahari sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup makhluk didunia, termasuk juga burung kenari. Musim penghujan seperti ini yang terjadi setiap bulan Desember sampai Februari membuat para penghobi burung mania (khususnya kenari) merasa was-was. Karena banyak juga burung peliharaan mereka yang mati akibat cuaca yang ekstrim.

Manfaat Sinar Ultraviolet bagi Kenari

Oleh karenanya, untuk tetap selalu mendapatkan sinar matahari, para penghobi burung memasang lampu yang mengandung ultraviolet, warna sinar lampu neon ini adalah putih, bukan berwarna merah muda atau biru seperti untuk ikan. Lebih dari 30 tahun para pakar burung, peternak dan dokter hewan meneliti dan mengetahui fungsi lampu neon ultraviolet untuk kelangsungan hidup burung peliharaannya. Salah satu kondisi agar sehat adalah mendapatkan sinar ultraviolet, sinar ini akan membantu produksi vitamin dalam tubuh kenari, juga memicu kelenjar-kelenjar yang sangat berguna dalam tubuh kenari.

Dari literatur yang saya baca, intinya adalah : penjemuran atau pencahayaan memakai lampu yang mengandung sinar ultraviolet sangat dibutuhkan. Hal ini juga memberikan pengaruh positif atas kinerja kelenjar-kelenjar dalam tubuh, seperti kelenjar gondok. Kelenjar gondok mengendalikan banyak fungsi-fungsi penting dalam sistem burung. Kelenjar gondok mengendalikan bagaimana dan kapan kelenjar lain berfungsi, sehubungan dengan hal itu maka perlu kiranya melakukan penjemuran atau pencahayaan yang cukup bagi burung kenari.

Hypothalamus (Hypothyroidsm – kekurangan yodium) juga berpengaruh pada pertumbuhan bulu burung. Jika ada masalah dengan hypotalmus biasanya terlihat bulu burung tidak sehat dan indah. Kelenjar Pineal mengendalikan proses pertumbuhan kembali pada burung seperti reproduksi dan proses ganti bulu. Kelenjar pineal akan berkerja normal jikalau burung dijemur cukup atau mendapat pencahayaan. Lebih rinci lagi, ada organ penting di sekitar mata burung yang disebut kelenjar harderian. Kelenjar ini berfungsi merasakan adanya cahaya dan mengirim informasi ini ke kelenjar pineal. Lalu kelenjar pineal dan kelenjar pituitary mengatur proses dan sistem endokrin pada burung.

Burung dapat membedakan waktu matahari terbit dengan tenggelam dan dapat membedakan terang dengan gelap. Burung mempunyai banyak respon terhadap dua hal di atas dalam kebiasaan dan metabolismanya. Burung melihat hal tersebut dengan dua cara, yaitu:
  • Cara utama yaitu burung menerima dengan matanya. Retina burung dapat menerima informasi yang luas tentang intensitas cahaya, warna cahaya dan arah cahaya. Informasi ini dikirim ke kelenjar pituitary dan bagian otak yang berkompeten terhadap penglihatan.

  • UVA adalah sinar yang khusus di mana direspon oleh kelenjar harderian. Telah ditulis sebelumnya, hal ini dapat membuat mengerti waktu atau “jam” berapa saat itu dan sebagai sarana yang berpengaruh dalam hal reproduksi dan kapan bermigrasi.

Kesimpulannya adalah, burung memiliki tingkat ke sensitifan terhadap cahaya yang berpengaruh besar terhadap kehidupannya. Nah, bagaimana jika sinar matahari tidak muncul? Seperti dimusim penghujan? Salah satu alternatifnya adalah dengan memasang lampu sinar ultraviolet.

Bagaimana dengan kenari anda? Apakah sudah dijemur? Apakah anda sudah mencoba memakai lampu sinar ultra violet? Dengan melakukan penjemuran kenari, salah satunya bisa menjadi cara untuk mengatasi kegemukan pada kenari.

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »