Cara install scanner brother di linux ubuntu

Setelah beberapa waktu yang lalu Kangbabas membahas tentang cara install printer brother di linux ubuntu, kini saya akan mengulas sedikit tentang permasalahan yang muncul. Tiba-tiba scanner tidak jalan di ubuntu walaupun driver sudah kita instal semua. Sebagian pengguna pernah mengalami hal ini dan pastilah bingung kenapa scanner tidak bekerja normal alias tidak jalan dengan muncul pemberitahuan no scanner.

scanner brother bermasalah di linux ubuntu


Bagi anda yang memiliki printer satu paket dengan scanner, setelah kita install drivernya lewat terminal, kadang scanner nya tidak dapat bekerja. Kadang scanner hanya bisa bekerja lewat perintah di terminal. Hal ini pernah saya alami dan membuat saya menjadi bingung (waktu itu).
Nah, untuk solusinya, Anda bisa mengikuti cara berikut ini :

Pertama, setelah anda install semua driver printer brother sesuai dengan typenya, maka
Edit dan rubahlah lewat perintah di terminal seperti dibawah ini :

sudo gedit /etc/default/saned

Kemudian rubahlah menjadi dibawah ini :

# Set to yes to start saned
RUN=yes

# Set to the user saned should run as
RUN_AS_USER=root

simpanlah script diatas. Selanjutnya copylah script berikut dibawah ini melalui perintah terminal, tambahkan script scan brother scanner seperti contoh dibawah ini :

sudo gedit /lib/udev/rules.d/40-libsane.rules

# Dell Dell MFP Laser Printer 1815dn
ATTRS{idVendor}=="413c", ATTRS{idProduct}=="5124", ENV{libsane_matched}="yes"
# Dell 1600n
ATTRS{idVendor}=="413c", ATTRS{idProduct}=="5250", ENV{libsane_matched}="yes"
# Brother scanners
ATTRS{idVendor}=="04f9", ENV{libsane_matched}="yes"

# The following rule will disable USB autosuspend for the device
ENV{libsane_matched}=="yes", RUN+="/bin/sh -c 'if test -e /sys/$env{DEVPATH}/power/control; then echo on > /sys/$env{DEVPATH}/power/control; elif test -e /sys/$env{DEVPATH}/power/level; then echo on > /sys/$env{DEVPATH}/power/level; fi'"

LABEL="libsane_usb_rules_end"

Simpan script diatas dan restrat komputer anda.


Dengan langkah dan script diatas, terbukti bahwa scanner printer brother saya berjalan normal tanpa lewat perintah di terminal. Hal ini biasa terjadi di ubuntu 11, 12 dan juga 14 seperti yang telah lama saya alami. Namun, dengan cara diatas, masalah printer dan scanner tidak jalan di ubuntu sudah terselesaikan. Semoga bermanfaat. 

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »