Wisata Air Terjun Watu Gompeng Kuwukan Dawe Kudus

Hari Senin kemarin, tepat hari libur nasional. Adalah waktu yang pas buat Kangbabas dan keluarga pergi refreshing. Tak perlu jauh-jauh dari rumah, kali ini Kangbabas pergi mencari tempat yang fresh dan segar. Wisata Air terjun Watu Gompeng yang terletak di Dukuh Sangeng RT.01 RW.02 Desa Kuwukan Dawe Kudus adalah tempat yang cocok untuk berlibur. Karena dekat dengan rumah (tak sampai 1 jam) sampai ditempat tujuan.

Wisata Air Terjun Watu Gompeng memang belum setenar Air Terjun Montel yang berada di Pegunungan Muria. Namun, sekarang ini sudah banyak dikenal oleh kalangan muda khususnya. Tempat yang masih asri dan alami ini memang cocok untuk dieksplore lebih jauh.

Untuk menuju lokasinya, anda bisa dengan sepeda motor. Dikarenakan jalur yang sempit dan masih belum baik. Saya akan berikan jalur mulai dari arah SMK 2 Kudus ke utara jurusan Desa Cranggang. Anda ikuti jalur melalui persawahan dan perkebunan tersebut. Sampai anda tiba di Kantor Desa Kuwukan, ke utara sedikit, maka akan ada pertigaan, jika anda berbelok ke kiri maka akan sampai ke Colo-Muria, sedangkan jalur ke kanan anda akan sampai ke Air Terjun Watu Gompeng Kuwukan. Nah, ikuti saja jalan yang lumayan naik turun tersebut sampai akhirnya anda akan melihat Papan Petunjuk Wisata Air Terjun Watu Gompeng Kuwukan. Nah, melewati jalan desa anda akan menjumpai tempat parkir kendaraan dari warga setempat dan juga petugas retribusi. Untuk parkir kendaraan dikenakan biaya Rp. 2.000,- dan retribusi masuk per orang juga Rp.2.000,-.

Untuk menuju Air Terjun Gompeng, anda lewati jalan setapak yang terjal dan agak curam karena berada dibawah tebing. Jalan yang sdikit ekstrim ini memang belum ada pengelolaan yang baik dari desa setempat maupun pemerintah daerah. Anda sebaiknya berhati-hati untuk sampai ke tempat air terjun dikarenakan lokasinya yang tergolong agak ekstrim dan akses jalan setapak yang seadanya. Sampai dibawah masih ada tangga yang terbuat dari kayu untuk memudahkan pengunjung turun sampai dasar sungai dan melihat Air Terjun.

Sampai dibawah, anda akan melihat indahnya air terjun setinggi kira-kira 30 meter yang deras dan masih asri. Dengan curahan air yang melebar deras menjadikan semakin indah seperti tirai. Anda juga akan melihat beberapa batu yang gedhe-gedhe disana. Hati-hati untuk melewatinya karena akses jalan yang agak sulit. Lokasi yang cocok untuk berfoto selfi ini banyak sekali. Dengan background Air terjun Gompeng, ataupun batuan yang besar-besar atau juga tanaman seperti cemara yang berada dipinggir tebing adalah kawasan cocok buat berfoto ria. Anda juga bisa bermain air disana namun tetap berhati-hati karena batuan yang licin.

Memang, air terjun watu gompeng ini baru dibuka secara resmi sekitar bulan Februari 2016, namun diwaktu hari libur banyak wisatawan yang berkunjung baik itu dari dalam kota maupun dari luar kota Kudus. Harapan kedepannya, Wisata Air Terjun Watu Gompeng Desa Kuwukan Dawe ini bisa lebih diperhatikan dan dikelola dengan baik. Dengan kerjasama dari pihak desa setempat dan pemerintah daerah, maupun dengan organisasi dan warga dukuh Sangeng setempat untuk bisa membangun dan membenahi infrastruktur yang lebih baik. Dengan adanya fasilitas dan infrastruktur yang lebih baik, maka akan menambah daya tarik bagi pelancong. Sehingga Wisata Air Terjun Watu Gompeng Kuwukan ini bisa lebih terkenal dan menjadi objek wisata pilihan selain Air Terjun Colo Muria. Sehingga bisa meningkatkan roda perekonomian warga dukuh Sangeng khususnya dan warga Dawe sekitarnya. Tertarik untuk kesana? 

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »