Cara Mengecek Situs Scam


Pernahkah anda mendapatkan email bahwa anda menang sebuah undian lotere? Pernahkah anda menerima email dari seseorang yang belum anda kenal sama sekali dan menuliskan cerita dia ingin sekali berkenalan dan berharap berjodoh dengan anda? Hmm,, sepertinya menarik sekali.

Jika anda pernah mengalaminya, maka nasib anda sama dengan Kangbabas, hehe... Untuk email konfirmasi menang undian lotere memang saya pernah dapat beberapa kali, namun itu bukan hal serius bagi saya karena dalam hidup ini Kangbabas tidak pernah beli ataupun ikut lotere manapun. Namun yang tak biasa adalah email tentang perkenalan dan perjodohan. Mungkin hampir sama dengan situs kencan yang lainnya, namun email yang saya terima lebih mendetail dan spesifik. Sayapun tertipu dibuatnya.

Memang, dunia online ini sangat luas. Dari artikel yang pernah saya baca, dunia maya yang terlihat dipermukaan hanya beberapa persennya saja, belum yang berada didasarnya atau biasa disebut Deep Web. Disana anda akan menemukan banyak sekali informasi, data-data, situs jual beli, baik itu legal maupun ilegal tentang apa saja. Oleh karenanya, mesin pencari biasa tidak akan sanggup untuk menjangkaunya. Dibutuhkan mesin pencari khusus untuk bisa menuju underground dunia maya tersebut.
cara mengetahui situs scam

Wah, sungguh ngeri jika kita tidak waspada dan menjaga diri didalam dunia maya ini. Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa dunia internet memberikan kebebasan kita untuk berinteraksi tanpa batas. Oleh karenanya, kadang kita juga lupa dan tidak sadar bahwa informasi penting yang seharusnya kita simpan jangan disebarkan di internet. Jika anda ingin menekuni bisnis online lewat internet, maka anda juga harus pandai-pandai mencari referensi situs ataupun alamat email tersebut termasuk scam atau tidak.

Berdasarkan data statistik di Indonesia, bahwa setiap harinya beredar 100 situs scam baru yang harus anda waspadai. Jika anda tidak ingin tertipu dan rugi dengan informasi situs-situs tersebut, maka Kangbabas sarankan untuk mengeceknya terlebih dahulu.

Ada beberapa situs Anti Scam Internasional yang bisa anda gunakan untuk mengeceknya, yaitu :

Scamwarners.com Situs ini berbentuk forum. Didalamnya membahas berbagai jenis scam. Anda bisa masuk dengan mendaftarkan diri dan selanjutnya memposting pengalaman anda tentang situs scam yang pernah anda dapat. Didalam forum anda bisa menemukan jenis scam amal, scam perjodohan, scam lotere, scam pencari tenaga kerja, dan juga scam lelang.

Situs ini menyajikan data lengkap tentnag situs-situs yang mengandung penipuan. Baik dari data nama, email, alamat dan foto palsu beserta dokumen palsu lainnya. Dengan mendaftarkan diri anda, maka anda akan dapatr melihat semua situs yang terindikasi scam / penipuan. Anda juga dapat berbagi pengalaman dan melaporkan situs palsu yang pernah anda dapat lewat situs tersebut.

Situs ini menyediakan berita dan informasi tentang ciri-ciri, skema, dan trik untuk menghindari praktek scam.

Nah, sekarang anda sudah tahu bagaimana cara mengecek situs scam kan? Jadi jika anda mendapatkan email atau informasi apapun tentang suatu hal, maka anda bisa mengeceknya terlebih dahulu sebelum bertindak lebih jauh. Semoga bermanfaat.

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
Mujaini
AUTHOR
November 1, 2015 at 7:12 PM delete

terima kasih tipsnya... kita memang harus tetap hati2 dengan berbagai transaksi yang ada diinternet...
Cara Cek Situs Scam

Reply
avatar
Dian
AUTHOR
December 1, 2015 at 2:27 AM delete

Kalau dapet email yang isinya menang lotre si langsung saya hapus aja mas orang ga pernah ikutan lotre dari mana bisa menang :)

Reply
avatar
August 5, 2016 at 7:21 AM delete

Terima kasih atas infonya min sangat berguna dan bermanfaat

Reply
avatar
jurnal wisata
AUTHOR
October 9, 2016 at 6:43 AM delete

mantsap artikelnya gan,,,,

Reply
avatar