Cara Mempercepat Kenari Selesai Mabung


Kemarin, kenari gacor kesayangan saya mulai ada tanda-tanda mabung. Yaitu terlihat kenari yang bisanya gacor terlihat banyak diam. Dan juga kurang lincah. Tanda-tanda ini semakin jelas dengan adanya rontokan bulu yang terlihat didasar sangkar. Pantas saja beberapa waktu yang lalu saya kawinkan dengan kenari betina, telur tidak ngisi.

Proses mabung ini menandakan bahwa umur kenari semakin bertambah dewasa. Bulu sayap yang mulai rontok duluan akan menyebar ke seluruh tubuh dan diakhiri dengan bagian leher dan kepala. Proses mabung ini memang terjadi alamiah pada semua burung. Proses yang memakan waktu kurang lebih 1-2 bulan ini memang waktunya terbilang cukup lama sampai menunggu tumbuhnya bulu baru.

Untuk mempercepat sistem perubahan bulu pada kenari ini, yaitu dengan cara memberikan asupan makanan yang bergizi pada kenari. Hal ini sangat penting demi kelancaran proses mabung dan pertumbuhan bulu baru. Pada saat berlangsungnya proses mabung, kenari akan membutuhkan banyak asam amino. Dimana zat ini diperlukan untuk perkembangan bulu baru.

Dibawah ini adalah daftar makanan bergizi yang bisa anda berikan pada kenari saat mengalami proses mabung :
  • Biji kecambah
  • Telur rebus
  • Sayuran warna hijau
  • Kulit tiram
  • Tulang sotong
Selain dengan makanan bergizi, sistem perawatan juga harus dilakukan. Perawatan yang biasa saya lakukan adalah dengan mengkerodong full agar kenari bebas dari gangguan sekitar, menempatkan sangkar pada tempat yang tenang dan juga menghindarkan kenari dari udara yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Tentunya, sistem perawatan mabung untuk tiap tipe burung berbeda-beda. Namun, setidaknya dengan pemberian asupan makanan yang bergizi dan sesuai seperti diatas, sekurang-kurangnya akan dapat mempercepat proses perkembangan bulu. Dan juga akan menjaga kondisi burung agar selalu fit dan mulai berkicau kembali nantinya. Bagaimana dengan anda?

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »