Kenariku Kegemukan


Hari ini kangbabas akan sharing sedikit tentang kenari. Yaitu masalah kegemukan pada kenari. Mengapa kenari bisa menjadi kegemukan? Bagaimana cara mengatasi kegemukan pada kenari? Yah, inilah yang menjadi tema artikel ini.

Beberapa hari ini kenari gacoan kangbabas ada perubahan yang terlihat dengan jelas. Yaitu kenari mulai terlihat tanda-tanda malasnya. Kenari yang biasanya tiap pagi ngoceh dan ngerol kicauannya itu kini tidak terdengar lagi. Kenari yang biasa lincah terbang kesana kemari terlihat hanya nangkring saja. Usut punya usut, setelah diselidiki ternyata kenari kangbabas kegemukan. Waduh, pantesan kenari tiba-tiba jadi malas berbunyi. Setelah dilihat dibagian perutnya, ternyata ada warna kekuningan, yaitu lemaknya yang terlihat. Lemak yang menumpuk inilah yang menjadi penyebab kenari jadi malas.

Memang sih, beberapa hari ini kangbabas selalu memberikan pakan berupa telur puyuh tiap hari. Jemur kenari juga tidak rutin seperti dulu karena ada kesibukan. Cuaca juga masih terasa hujan dan dingin, jadi kadang kenari tidak sempat dijemur. Bisa jadi pola makan dan perawatan ini yang memicu kenari berubah menjadi gemuk dan berlemak. Yah, akhirnya program dietpun harus dilakukan untuk merubah kenari menjadi tidak gemuk lagi. Karena bertumpuknya lemak akan berakibat kerawanan terkena penyakit seperti diare, berak kapur dan beberapa penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. 

Atas saran saudara, langkah yang perlu dilakukan untuk diet kenari adalah sebagai berikut :
Pertama adalah melakukan penjemuran setiap hari secara rutin, dari pukul 7 sampai 10 atau sekitar 3 jam bagi kenari yang kondisinya fit, sedangkan jika kenari ngedrop cukup 1 jam saja.

Kedua, menempatkan kenari di umbaran yang luas (idealnya 1,5 x 2 meter). Penjemuran dilakukan ketika kenari dalam umbaran. Bagi kenari yang baru belajar masuk umbaran pada tahap awal perlu digebrak agar terbang bolak-balik. Namun jika sudah beberapa kali dilatih, maka kenari akan terbiasa dan setiap dimasukkan ke umbaran akan terbang sendiri. Untuk menghindari dari gigitan nyamuk dan kedinginan, sebaiknya kenari dikerodong.

Ketiga, yaitu mengatur menu pakan untuk mempertahankan kondisi tubuhnya. Pola pakan yang cocok diberikan yakni sayur lebih banyak seperti selada, gambos dan mentimun secara bergantian setiap 2 hari. Pakan yang dikurangi yakni telor, terlebih lagi untuk pakan harian. Sementara pakan bijian untuk sehari-hari sebaiknya ditakar sehari habis. Misalnya seekor burung cukup diberikan satu sendok teh bijian campur. Untuk menjaga agar kondisi kenari tetap fit, multivitamin diberikan setiap 1 minggu sekali.

Pola perawatan untuk kenari kegemukan memang harus ketat. Harus rutin dilaksanakan dan terus dipantau perkembangannya. Proses diet memang membutuhkan waktu yang agak lama, karena itu diperlukan kedisiplinan dan kesabaran dalam perawatan ekstra ini. Bagaimana dengan pengalaman anda? Apakah pernah tejadi kegemukan pada kenari anda?

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

12 comments

Write comments
naza
AUTHOR
May 4, 2013 at 5:04 AM delete

wah penghobi burung nih, lucu juga ternyata burung ada dietnya juga. he he he. salam kenal

Reply
avatar
May 5, 2013 at 8:16 PM delete

kuning banget bulunya, cantik burungnya

Reply
avatar
Review Jujur
AUTHOR
May 5, 2013 at 8:17 PM delete

suara kicauannya pasti bagus ya

Reply
avatar
Tutorial Jitu
AUTHOR
May 5, 2013 at 8:18 PM delete

berapa tuh kalau dijual harganya gan ?

Reply
avatar
gosip game
AUTHOR
May 5, 2013 at 8:19 PM delete

kalau budidaya kenari gampang kagak gan ?

Reply
avatar
May 5, 2013 at 9:48 PM delete

trnyata, merawa kenari gk segampang yg aq kira. hrus lebih hati2 tuw...

Reply
avatar
Kangbabas
AUTHOR
May 6, 2013 at 2:16 AM delete

burung juga sama seperti manusia sob.. ;)

Reply
avatar
Kangbabas
AUTHOR
May 6, 2013 at 2:18 AM delete

sementara tidak dijual, kalo anakan yang masih ngriwik yang saya jual. banyak dirumah.

Reply
avatar
Kangbabas
AUTHOR
May 6, 2013 at 2:20 AM delete

kalo ada niat, pasti ada jalan. alhamdulillah, sekarang kenari saya bertambah banyak dirumah. kalo ingin budidaya, silahkan baca artikel saya tentang "Beternak Kenari Lokal"

Reply
avatar
Kangbabas
AUTHOR
May 6, 2013 at 2:21 AM delete

merawat kenari memang harus telaten dan sabar Kang Achmed.

Reply
avatar
dekkon
AUTHOR
July 6, 2013 at 11:22 PM delete

klo kedua kenari dijadahkn saling patuk apakh itu namanya tidak jodoh za...

Reply
avatar
Kangbabas
AUTHOR
July 8, 2013 at 2:20 AM delete

klo saling patuk dan mengepakkan syap (seperti musuhan), berarti blm jodoh ms bro..

Reply
avatar