Cara Penjodohan Kenari

Pagi ini, seperti biasanya kangbabas memulai aktifitas dengan menjemur kenari di rumah. Biar semua kenari pada sehat dan berkicau. Hari ini ada satu pasang kenari yang ingin kangbabas kawinkan dan akan saya posting. Nah, kali ini kangbabas akan bahas tentang cara penjodohan kenari. 
Jemur Kenari

Cara penjodohan kenari memang gampang-gampang susah. Banyak cara dan teknik yang dilakukan agar kenari bisa jodoh dan mau kawin. Bagi yang mempunyai banyak pejantan, maka cara penjodohan kenari bisa dilakukan dengan pasangan tetap. Namun, jika pejantan hanya satu atau sedikit, maka cara penjodohan kenari bisa dilakukan dengan bergantian pasangan. 

Untuk melakukan penjodohan kenari, maka sebaiknya anda tempel selalu dengan pejantan yang ingin dijodohkan. Setiap pagi dan sore usahakan untuk saling mendekatkan sangkar masing-masing. Tanda-tanda kenari jodoh dan mau kawin yaitu kedua pasangan ini tampak akur dan saling mendekat. Sesekali kenari betina mengambil unjalan (susoh). Jika kenari betina sudah mulai ngleper, maka saatnya kenari jantan dimasukkan kedalam sangkar kenari betina. Dan anda tunggu saja aktifitas masing-masing, biasanya kenari jantan akan mengawini kenari betina dalam beberapa kali. Anda biarkan saja sampai beberapa lama kedua kenari saling memadu kasih. Ini tandanya kenari anda sudah mau berjodoh. 

Kenari Kawin
Penjodohan kenari bisa anda lakukan diwaktu pagi atau sore hari. Anda bisa lakukan beberapa hari sampai terlihat sarang kenari betina sudah membundar sempurna. Nah, ini tandanya kenari akan mulai bertelur, sehingga anda bisa menghentikan penjodohan kenari. Tempatkan kenari betina pada tempat yang biasanya. Seperti yang kangbabas lakukan, persiapkan makanan yang bergizi bagi kenari betina agar kondisi badannya selalu fit dan bertelur dengan baik. Asupan makanan yang bisa anda berikan seperti halnya telur puyuh, sayuran dan buah-buahan. 

Nah, sampai disini dulu kangbabas posting, semoga artikel cara penjodohan kenari bermanfaat dan menjadi pengalaman bagi anda semua. Lain kali disambung lagi dengan artikel yang lain. Kini saatnya melakukan aktifitas lainnya. Selamat mencoba.

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »