Penyebab Kegagalan Blogger Pemula - Seri 1


Setiap orang, pasti mengenal Blog. Tak heran jika fenomena blog sekarang sudah menjadi hal yang biasa. Baik itu dikalangan remaja, dewasa, maupun orang tua. Namun sebagian dari mereka masih pesimis bahwa dunia blogging bisa menjadikan hal baru yang bermanfaat dan menguntungkan bagi kehidupan perekonomian mereka.

Di Indonesia, blog sudah mulai dikenal pada sekitar tahun 2004. banyak orang berpartisipasi membuat blog dan menjadi seorang blogger. Namun, semangat yang mereka miliki masih belum bisa menjadikan mereka menjadi seorang blogger yang sukses dengan menikmati kegiatan blogging mereka. Banyak sebab yang mengharuskan mereka harus gagal sebagai seorang blogger karena banyak hal.

Guna menjadi pembelajaran bagi para blogger pemula, maka kali ini Kang Babas akan mencoba untuk menelaah dan menyajikan berbagai fakta dan opini yang menjadikan kegagalan seorang blogger pemula dalam dunia blogging.

Berhubung banyak kegiatan dan waktu yang terbatas, maka tulisan ini akan Kang Babas sajikan dalam beberapa seri kedepannya. Disamping untuk memotivasi dan sebagai pembelajaran diri sendiri, tulisan ini juga diharapkan dapat dijadikan acuan bagi para blogger semua yang ingin mendapatkan kesuksesan dalam dunia blogging.

Penyebab pertama yang menjadi kegagalan seorang blogger pemula dalam menggeluti dunia blogging adalah karena faktor Tujuan Blogging yang Tidak Jelas. Fakta menyebutkan jika blogging dengan latar belakang coba-coba dan hanya ingin tampil beda di hadapan teman merupakan faktor utama penyebab kegagalan blogger pemula dalam menjalankan blogging. Selain itu, fakta lain juga menyebutkan jika seseorang melakukan blogging untuk mendapatkan banyak uang dari internet secara instan. Beberapa faktor di atas adalah contoh motivasi blogging yang harus anda hindari. Mengapa? Karena semua tujuan di atas tidak konsisten.

Sebelum blogging, anda harus memiliki tujuan dan rencana blogging yang jelas. Apa yang anda harapkan setelah memiliki blog? Ingin terkenal? Kaya? atau hanya menyalurkan hobi? Semuanya boleh-boleh saja, asal konsisten dan anda yakin untuk mampu melakukannya. Lalu bagaimana agar anda bisa mencapai semua tujuan itu? Awali dengan perencanaan yang matang. Victory loves preparation. Jika anda gagal melakukan perencanaan maka anda telah merencanakan untuk gagal. Kedua pepetah tersebut sangat cocok untuk menjadi pegangan anda betapa perencanaan berperan penting terhadap proyek yang akan dikerjakan.

Blogging bukanlah kegiatan sehari dua hari, sebulan dua bulan, atau setahun dua tahun, melainkan bertahun-tahun. Bertahun-tahun itulah anda menikmati dan bertahun-tahun itulah anda merencanakan konsep agar selalu eksis. Blogging bukan seperti lari sprint, tetapi lari marathon yang membutuhkan daya tahan dan perencanaan prima. Buatlah target secara periodik agar bisa semakin dekat dalam meraih tujuan blogging yang anda impikan.

Kang Babas menyadari, bahwa kegiatan blogging memang kadang membosankan, kadang anda merasa jenuh untuk selalu mengupdate blog anda. Hal ini tentunya anda pernah mengalaminya. Wajar jika anda pernah meraskannya sperti apa yang pernah saya rasakan dulu. Namun yang menjadi poin penting adalah, usahakan untuk selalu memegang teguh tujuan anda dalam blogging. Berusahalah untuk menikmati setiap waktu dan kesempatan dalam blogging. Bagaimanapun itu caranya, yang penting jangan sampai keluar dari Tujuan Awal Blogging anda. Selalu berusaha untuk konsisten dan melaksanakan perencanaan yang telah anda rancang sebelumnya.

Penyebab kedua yang menjadi kegagalan seorang blogger pemula dalam menggeluti dunia blogging akan Kang Babas bahas dilain kesempatan. Semoga fakta dan opini awal yang saya sajikan ini bisa mejadikan pembelajaran bagi kita semua. Salam sukses!

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
yoga
AUTHOR
May 7, 2013 at 11:06 AM delete

Cocok kang, ini real terjadi.

Reply
avatar