Kemampuan Meta Tag dalam SEO


Meta Tag adalah komponen yang sangat signifikan dalam keberhasilan mesin pencarian. Meta Tag adalah tag HTML yang terletak di bagian Header (Kepala) halaman blog anda. Dengan adanya Meta Tag, akan membantu dalam memberikan pengalaman pencarian terbaik bagi penggunanya.

Mengapa Meta Tag sangat penting?
Meta Tag bisa diartikan sebagai potongan kode pada halaman blog anda. Kode tersebut memberikan informasi tentang metadata kepad mesin pencari. Itulah sebabnya, kemampuan Meta Tag sangat penting dalam SEO blog anda.

Silahkan simak video berikut ini mengenai pentingnya Meta Tag :

Bagaimana cara melihat Meta Tag sebuah Blog?
Untuk melihat kode Meta Tag sebuah Blog, anda bisa melakukan klik kanan pada halman blog anda, kemudian pilih View Page Source atau View Source. Pada halaman yang tampil, anda bisa melihat serangkaian kode Meta Tag yang terdapat didalam blog tersebut. Salah satu contohnya adalah seperti dibawah ini :
<meta name=”keywords” content=”Meta Tag, Kemampuan Meta Tag, Meta Tag untuk SEO />

Fungsi Meta Tag dalam SEO

Ada banyak Meta Tag yang digunakan dalam sebuah blog, namun yang paling umum dan paling penting adalah sebagai berikut :
  • Tittle Tag
    Yaitu teks yang telihat diatas halaman browser. Mesin pencari mengartikan teks ini sebagai judul dari halaman blog anda. Judul ini sangat berdampak luar biasa pada peringkat pencarian.
  • Meta Keywords Atribut
    Yaitu serangkaian kata kunci yang anda anggap berhubungan dengan halaman blog yang anda maksud. Meskipun Google telah mengevaluasi meta tag kata kunci hampur seluruhnya, namun bagi mensin pencari lainnya misalnya Yahoo atau Bing masih mempertimbangkannya. Meskipun anda tidak menggunakan meta tag keyword didalam script blog, jika anda menuliskan kata dengan cetak miring, huruf tebal, atau garis bawah pada kata tertentu, maka itu dianggap sebuah kata kunci oleh Google.
  • Meta Description Atribut
    Yaitu serangkaian deskripsi singkat dari halaman blog yanga anda maksud. Ringkasan atau penjelasan singkat ini biasanya muncul dalam mesin pencari atas dasar dari kata kunci yang anda maksud. Deskripsi ini penting karena sebagai berfungsi sebagai iklan dalam hasil pencariaon organik.
  • Meta Robots Atribut
    Yaitu sebuah kode indikasi untuk mencari crawler mesin pencari (robot,bot) tentang apa yang harus mereka lakukan dengan halaman blog anda. Biasanya ada dua tipe:
    index/noindex : ini memberitahu kepada mesin pencari bahwa anda menampilkan halaman blog anda dalam hasil pencarian atau tidak.
    follow/nofollow : ini memberitahu kepada mesin pencari apa yang harus dilakukan dengan link pada halaan anda. Apakajh mereka harus percaya dan mengikuti link ke halaman berikutnya atau tidak.
Oleh karena itu, Meta Tag memiliki dampak nyata pada pemasaran mesin pencari. Adapun beberapa kemampuan Meta Tag adalah sebagai berikut :
  • Berpotensi memiliki dampak pada Quality Score (skor berkualitas) pada blog anda.
  • Berdampak pada peringkat pencarian lewat tag judul.
  • Membantu menentukan cara pencarian situs internal anda.
  • Memiliki peran tinggi dalam peringkat pencarian di mesin pencari alternatif.
  • Menyajikan teks iklan organik.
Blog ini sudah saya optimasi dan lengkapi dengan Meta Tag, anda juga bisa mengkonfigurasi dan menambahkan meta Tag lainnya dalam blog sesuai yang anda inginkandalam blog anda. Tujuan utamanya adalah untuk Optimasi SEO. (Baca Juga : Script Untuk optimasi SEO) . Untuk mempelajari dan menggunakan Meta Tag, anda bisa berkunjung ke sini : Meta Tag yang Dipahami Oleh Google. Bagaimana dengan blog anda?

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »