7 Kelebihan Menggunakan Google+


Saat ini, sosial media memanglah sangat digandrungi dan memang sudah menjadi bagian hidup bagi manusia. Saya yakin bahwa anda memiliki lebih dari satu akun sosial media. Saya juga demikian. Bahkan setidaknya saya memiliki 6 akun yang saya kelola dengan baik seperti facebook, twitter, instagram, pinterest, path, dan Google+.
7 Manfaat Menggunakan Google+

Tentu masing masing platform sosial media memiliki kekurangan dan kelebihannya. Dan juga masing masing platform sosial media memiliki karakter pengguna yang khas dan unik. Yang saat ii akan saya bahas adalah jejaring sosial yang dimiliki oleh Google, yaitu Google+.

Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan Global WebIndex, Google+ memiliki peringkat ke-2 diatas twitter yang memiliki pengguna aktif terbanyak dalam sosial media. Jejaring sosial ini memang belum begitu aktif di Indonesia, masih kalah dibandingkan dengan Facebook atau Twitter. Akan tetapi, sebenarnya jejaring sosial ini memiliki peran penting untuk membuat blog anda menjadi SEO Friendly. Tentunya jejaring sosial produk dari Google tentu akan menjadi nilai tambah dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya dalam hal optimasi SEO.

Bagi anda yang ingin mempromosikan produk, meningkatkan brand perusahaan atau melakukan personal branding, atau bahkan mengoptimasi blog agarlebih SEO Friendly, saya sarankan untuk menggunakan Google+. Setidaknya alasan dibawah ini bisa menjadi acuan bahwa anda harus menggunakan Google+.

Google+ milik Google

Ya. Google+ adalah salah satu produk Google. Mesin pencari terhebat saat ini. Sebagai sebuah perusahaan IT terbesar, tentu Google+ memiliki kelebihan. Setidaknya dengan kekuatan brand Google, Google+ lebih mudah dikenal dibandingkan dengan yang lainnya.

Google Authorship

Google Authorship secara gampangnya adalah profil dari penulis yang akan ditampilkan dihasil pencarian search engine. Authorship ini membantu blog lebih dipercaya, baik oleh pengunjung maupun search engine. Oleh karena itu, jika anda belum memiliki akun Google+ segeralah membuatnya dan buatlah profil di jejaring sosial media tersebut secara baik.
Profil yang terlihat menarik akan cenderung lebih dipercaya dan hasilnya blog anda akan menjadi rujukan. Tentunya ini akan menjadi nilai plus bagi trafik blog anda.

Link Blog

Setela membuat akun Google+, Jangan lupa masukkan alamat URL blog anda di profil Google+ pada bagian contributor to. Itu akan mempermudah search engine untuk mengenali bahwa ada hubungan antara blog anda dengan Google profil.

+1

Sama halnya seperti Like di Facebook, namun +1 di Google+ memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan Facebook. +1 adalah tanda bahwa seseorang menyukai artikel / blog yang anda tulis, semakin banyak +1 di blog anda, maka semakin populer dan akan menjadi prioritas di hasil pencarian.

Menggunakan Hashtag

Saat anda membagi tulisan dari blog/webiste, jangan lupa untuk menyertakan hashtag. Fungsi hashtag di Google+ tidak jauh berbeda dengan fungsi hashtag di twitter, yaitu memberikan sebuah tema. Berikan hashtag yang sesuai dengan tulisan yang anda bagikan, menggunakan hashtag yang populer/trending lebih membantu untuk menyebarkan tulisan Anda kepada para pengguna Google+. Ketika anda memposting konten ke Google+, maka teman di circle atau komunitas anda akan dapat menemukan dan membaca konten tersebut. Jika anda menambahkan hashtag pada konten, bukan hanya yang berada dalam circle anda atau komunitas yang anda ikuti saja yang dapat melihatnya, akan tetapi dengan hasgtag akan menjangkau jauh lebih luas. Tidak harus menjadi teman atau bagian dari komunitas Google+ anda. Ketika mereka melakukan pencarian di google search terhadap hashtag tertentu, Google search akan menampilkan hasil pencarian termasuk hashtag yang di posting ke Google+. Ini berarti memberikan peluang yang lebih besar terhadap promosi yang kita lakukan agar dapat menjangkau pengunjung seluas mungkin, dan ini akan sangat menguntungkan bagi anda.

SEO Friendly

Dibandingkan facebook atau sosial media lainnya, konten yang anda bagi di Google+ akan lebih mudah dicari, bahkan bisa dioptimasi dalam pencarian mesin pencari google. Mengapa? anda tahu bahwa Google merupakan search engine nomor 1 di dunia. Dengan algoritma yang unik, Google akan melakukan index terhadap website sehingga muncul dihalaman pencarian google. Nah, Algoritma yang digunakan untuk website ini sama dengan algoritma yang digunakan untuk konten yang anda posting di Google+. Hal ini berarti bahwa dengan menggunakan Google+ dapat meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) terhadap brand atau produk yang anda inginkan.

Komentar Youtube

Google juga mengumumkan bahwa semua komentar YouTube akan terintegrasi dalam Google+. Jika anda memposting di Google+ tentang video atau channel Youtube maka otomatis akan muncul sebagai komentar di Youtube. Anda juga dapat memilih untuk melihat siapa saja yang memberikan komentar di youtube atau hanya melihat komentar dari orang orang yang berada dalam lingkaran anda saja. Dengan integrasi ini, pengalaman menggunakan Youtube akan lebih terasa hidup.

Menggunakan Google+ kini semakin terintegrasi dengan berbagai produk Google lainnya dan tentunya ini akan membuat pengalaman dalam berinteraksi dengan orang lain semakin menyenangkan, termasuk dengan teman, pelanggan, maupun rekan bisnis anda. Mari saling berbagi dalam satu lingkaran Google+.

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »