Optimalisasi Akses Internet 2G dari Google


Bisnis internet memang akan semakin meningkat dan terus berkembang dari tahun ketahun. Untuk itulah, bagi yang ingin terjun dalam bisnis internet masih banyak peluangnya. Dalam bisnis internet, yang paling penting adalah masalah jaringan. Karena tanpa adanya jaringan internet, maka tidak akan bisa berjalan mulus tentunya.

Kita tahu, bahwa jaringan internet di Indonesia masih tergolong lambat. Masih banyak pengguna internet di negara kita ini yang masih menggunakan jaringan 2G dengan kecepatan yang terbilang terbatas. Sementara dinegara-negara maju sekarang sudah banyak yang menikmati jaringan 4G. Jelas ini perbedaan yang sangat mencolok bagi dunia internet di Indonesia.

Pengguna jaringan 2G di negara kita yang banyak ini diketahui dari jumlah pengguna operator seluler yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Jika dihitung mungkin lebih dari 70% jumlahnya. Dan ini tidaklah sedikit. Mereka butuh waktu yang lama untuk hanya membuka sebuah halaman web. Apalagi jika mendownload dan streaming. Rasanya sungguh tersiksa dan ingin menjerit karen menunggu loading yang lama itu.

Memang tidak mudah untuk bisa menyediakan akses internet cepat di Indonesia. Banyak faktor 'X' yang mempengaruhi. Baik itu internal maupun eksternal. Kalau menurut Kangbabas sih, tinggal menunggu itikad baik pemerintah saja. Padahal jika dilihat dari pengguna internet, Indonesia termasuk pengguna internet yang aktif. Sebagai contoh, anda bisa cek berapa peringkat Indonesia dalam menggunakan media sosial facebook dan twitter.

Menurut kabar yang Kangbabas dengar, Google sebagai raksasa internet saat ini akan mengadakan uji coba jaringan internet cepat di Indonesia. Sebagai perusahaan pioneer, google akan mencoba menggunakan teknologi internetnya yang diciptakan untuk memberikan akses internet kecepatan tinggi khusus bagi pengguna gadget mobile yang masih menggunakan koneksi lambat 2G di Indonesia.

Google menamakan teknologi barunya tersebut dengan nama transcoding, yang intinya menyederhanakan tampilan web dengan elemen-elemen yang lebih hemat dalam penggunaan bandwith yang akan mempercepat koneksi internet sampai 4 kali lebih cepat. Wow... :) Dengan pengurangan gambar dan optimalisasi konten-konten yang tidak baik untuk pengguna mobile, menurut klaim google akan dapat menghemat sampai 80% penggunaan bandwith. Dan Indonesia adalah tempat ujicoba pertama kali dikarenakan pengguna jaringan 2G masih sangat banyak dibandingkan dengan pengguna jaringan kecepatan tinggi 3G dan 4G.

Dengan adanya kesempatan ini, maka tentunya menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi para pelanggan koneksi mobile yang lambat. Produk dari google ini sebenarnya dibawah naungan Google Search. Jadi pengguna internet akan mendapat pengalamannya dari mesin pencari Google. Mesin pencari tersebut akan mendeteksi kecepatan koneksi penggunanya. Jika koneksi lambat, maka fitur percepatan akan dihidupkan. Dan akses internet cepat dari google pun akan berjalan dengan mengklik link yang muncul di halaman search engine tersebut.

Kabarnya, teknologi optimalisasi akses internet cepat ini sedikit banyak akan mengubah tampilan web. Namun dari sisi positifnya, pastinya kan mendatangkan trafik yang lebih banyak. Karena pengunjung situs tidak akan bosan menunggu loading. Peningkatan pageview diklaim google dapat mencapai 50%.

Namun kabar menggembirakan ini tidak dapat dinikmati oleh semua pengguna situs. 2 situs yang kabarnya tidak mengalami optimalisasi transcoding diantaranya adalah situs video sharing, dan juga facebook. Hal ini dikarenakan situs yang bersangkutan menggunakan jasa cookie dan mengharuskan untuk login terlebih dulu.

Yah, inilah bentuk langkah konkret yag dilakukan oleh Google untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Selain untuk meningkatkan kegiatan pengunjung dan menambah trafik. Mari kita bersiap-siap untuk ujicoba kecepatan akses cepat ala google ini.

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »