SEO, Konten, Links, dan Personal Branding


Memiliki blog yang baik memanglah membutuhkan perhatian khusus. Ibaratnya membangun sebuah rumah, jika ingin rumah berdiri dengan kokoh, tampak bersih, dan terlihat cantik, maka rumah itu haruslah selalu dijaga dan dirawat. Begitu juga dengan blog. Jika anda ingin memiliki blog yang bagus, terkenal dalam semua search engine, dan menarik pembaca, maka haruslah selalu di update dan dipoles.

Membangun sebuah blog yang berkualitas membutuhkan kerja keras. Anda tidak dapat melakukannya dengan instan. Butuh proses yang berkelanjutan dan dinamis. Karena dalam dunia blogging, semua aspek harus saling mendukung satu sama lainnya. Semuanya butuh ketelatenan dan usaha yang maksimal. Baik itu faktor eksternal maupun internal.

Untuk bisa terkenal dan tembus dalam halaman pencarian google, blog anda harus berjuang dan bersaing keras dengan jutaan blog lainnya diseluruh dunia. Makanya diperlukan tenik SEO handal dan mumpuni untuk dapat mengalahkan saingan blog lainnya. Untuk dapat mengoptimasi blog anda agar dapat melejit cepat menjadi nomor satu. Karena dengan teknik SEO, maka konten anda menargetkan pencarian kata kunci yang paling responsive untuk situs anda. Percayalah, bahwa tanpa didukung oleh teknik SEO yang baik, blog anda bukanlah apa-apa.

Bukan hanya itu, anda pasti telah mendengar istilah bahwa “konten adalah raja”. Hal ini memang benar. Diblog manapun, konten adalah hal penting yang selalu dicari orang di dunia internet. Konten yang baik dan berkualitas akan menjadi rujukan bagi semua orang. Konten yang selalu update dan telah memiliki banyak arsip tentunya nilainya sangat berharga. Tanpa konten yang baik, berkualitas, dan besar, maka blog anda akan tenggelam diantara blog lainnya. Konten blog yang berkualitas pastinya akan selalu dishare dan di sukai oleh pembaca blog anda. Karena mereka telah mendapatkan banyak manfaat dari membaca konten anda. Ini adalah proses alami dalam blogging.

Bagaimana dengan Links? Untuk dapat memperoleh target yang banyak dari pembaca konten anda, maka diperlukan tindakan promosi. Seperti halnya anda berjualan, teknik promosi dibutuhkan untuk menjaring semua pembaca di dunia internet. Disamping itu, promosi juga diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal inbound link dari blog lainnya dengan konten yang sama. Bagaimana memaksimalkan links tersebut? Yang anda perlukan adalah sebuah teknik SEO untuk membangun links yang besar. Atau anda bisa menggunakan jasa links building. Keduanya bagus, namun jika tidak ingin menggunakannya, anda juga bisa berpromosi sendiri lewat sosial media yang banyak bertebaran di internet. Misalnya saja : FB, Twitter, Digg, Instagram, Pinterest, StumbleUpon, dan lain sebagainya.

Carilah blog untuk membangun jaringan links anda. Mulailah berteman baik dengan blogger lainnya. Mulailah aktif berkomentar, sehingga terjalin hubungan yang lebih baik dengan menjadi penulis tamu didalam blognya. Kadang sumber links yang prospek mengacu pada laporan dari softwere atau situs trafik dari blog anda sendiri, misalnya dari laporan google analityc.

hubungan SEO, konten, links, dan personal branding

Yang terakhir yaitu Personal Branding. Apa itu personal branding? Apakah sangat penting? Secara singkat, personal branding itu ibaratnya seperti sebuah merk. Bisa dibayangkan anda adalah sebuah produk. Suatu produk yang berharga mahal adalah produk yang berkualitas, baik dari segi harga maupun manfaatnya. Jika anda sudah dapat membangun sebuah “image” tentang diri anda dengan baik, maka anda akan memperoleh banyak manfaat. Diantaranya adalah anda akan semakin terkenal. Anda akan menjadi inspirasi banyak orang, akan banyak dapat job atau proyek yang anda peroleh, tentunya akan semakin lancar bisnis anda.

Bagaimana membangun personal branding yang baik itu?
Dibawah ini adalah langkah yang bisa anda praktekkan untuk membangun personal branding :
  • Siapakah anda? Tunjukkan bahwa anda adalah orang yang berada dibalik blog anda. Dengan memberikan penjelasan tentang nama, identitas diri, pendidikan, dan kemampuan yang anda kuasai. Tidak semuanya harus baku. Anda bisa memilih apa yang ingin anda sampaikan.
  • Bagaimana orang lain mengenal anda? Tentunya dengan media sosial anda akan berhubungan dengan banyak orang. Ciptakan kesan yang baik terhadap semua teman dan kolega anda tanpa pandang bulu. Tentunya sebagai timbal balik, anda akan mendapat penilaian yang baik juga dari mereka.
  • Apa yang ingin anda capai? Buatlah produk atau jasa yang anda inginkan. Kenali seluruh konsumen dan rencanakan dengan baik hubungan komunikasi yang lancar dan tetap konsisten.
  • Ciptakan brand (merk) anda. Tetnnya dengan nam dan slogan yang mudah diingat yang menampilkan karakter anda.
  • Buatlah blog anda sebagai pusat komunikasi online. Gunakan sosial media untuk berbagi ke seluruh jaringan anda.
  • Ikutilah orang-orang yang berpengalaman dibidangnya. Dan belajarla pada mereka. Dan buatlah hubungan yang baik. Aktiflah berkomunikasi dalam group dan forum.
  • Buatlah konten yang asli dalam blog anda. Konten yang bernilai, berguna bagi para pengunjung blog dan selalu meng-update hal baru tentunya.
  • Aktif dan banyak terlibat dalam komunikasi pengguna lainnya, memberikan komentar yang berarti. Berbagilah konten yang bernilai dari orang lain.
  • Tetaplah terus update apa yang diakatakan orang lain tentang Brand anda. Selalu menerima saran dan kritik secara profesional.
SEO, Konten, Links, dan Personal Branding berhubungan erat dan saling mendukung satu sama lainnya. Jika anda dapat membangun hal itu semua dengan baik, maka dipastikan anda termasuk orang yang berhasil dalam blogging.

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »