Memiliki blog yang baik
memanglah membutuhkan perhatian khusus. Ibaratnya membangun sebuah
rumah, jika ingin rumah berdiri dengan kokoh, tampak bersih, dan
terlihat cantik, maka rumah itu haruslah selalu dijaga dan dirawat.
Begitu juga dengan blog. Jika anda ingin memiliki blog yang bagus,
terkenal dalam semua search engine, dan menarik pembaca, maka
haruslah selalu di update dan dipoles.
Membangun sebuah blog
yang berkualitas membutuhkan kerja keras. Anda tidak dapat
melakukannya dengan instan. Butuh proses yang berkelanjutan dan
dinamis. Karena dalam dunia blogging, semua aspek harus saling
mendukung satu sama lainnya. Semuanya butuh ketelatenan dan usaha
yang maksimal. Baik itu faktor eksternal maupun internal.
Untuk bisa terkenal dan
tembus dalam halaman pencarian google, blog anda harus berjuang dan
bersaing keras dengan jutaan blog lainnya diseluruh dunia. Makanya
diperlukan tenik SEO handal dan mumpuni untuk dapat mengalahkan
saingan blog lainnya. Untuk dapat mengoptimasi blog anda agar dapat
melejit cepat menjadi nomor satu. Karena dengan teknik SEO, maka
konten anda menargetkan pencarian kata kunci yang paling responsive
untuk situs anda. Percayalah, bahwa tanpa didukung oleh teknik SEO
yang baik, blog anda bukanlah apa-apa.
Bukan hanya itu, anda
pasti telah mendengar istilah bahwa “konten adalah raja”. Hal ini
memang benar. Diblog manapun, konten adalah hal penting yang selalu
dicari orang di dunia internet. Konten yang baik dan berkualitas akan
menjadi rujukan bagi semua orang. Konten yang selalu update dan telah
memiliki banyak arsip tentunya nilainya sangat berharga. Tanpa konten
yang baik, berkualitas, dan besar, maka blog anda akan tenggelam
diantara blog lainnya. Konten blog yang berkualitas pastinya akan
selalu dishare dan di sukai oleh pembaca blog anda. Karena mereka
telah mendapatkan banyak manfaat dari membaca konten anda. Ini adalah
proses alami dalam blogging.
Bagaimana dengan Links?
Untuk dapat memperoleh target yang banyak dari pembaca konten anda,
maka diperlukan tindakan promosi. Seperti halnya anda berjualan,
teknik promosi dibutuhkan untuk menjaring semua pembaca di dunia
internet. Disamping itu, promosi juga diperlukan untuk mendapatkan
hasil maksimal inbound link dari blog lainnya dengan konten yang
sama. Bagaimana memaksimalkan links tersebut? Yang anda perlukan
adalah sebuah teknik SEO untuk membangun links yang besar. Atau anda
bisa menggunakan jasa links building. Keduanya bagus, namun jika
tidak ingin menggunakannya, anda juga bisa berpromosi sendiri lewat
sosial media yang banyak bertebaran di internet. Misalnya saja : FB,
Twitter, Digg, Instagram, Pinterest, StumbleUpon, dan lain
sebagainya.
Carilah blog untuk
membangun jaringan links anda. Mulailah berteman baik dengan blogger
lainnya. Mulailah aktif berkomentar, sehingga terjalin hubungan yang
lebih baik dengan menjadi penulis tamu didalam blognya. Kadang sumber
links yang prospek mengacu pada laporan dari softwere atau situs
trafik dari blog anda sendiri, misalnya dari laporan google analityc.
Yang terakhir yaitu
Personal Branding. Apa itu personal branding? Apakah sangat penting?
Secara singkat, personal branding itu ibaratnya seperti sebuah merk.
Bisa dibayangkan anda adalah sebuah produk. Suatu produk yang
berharga mahal adalah produk yang berkualitas, baik dari segi harga
maupun manfaatnya. Jika anda sudah dapat membangun sebuah “image”
tentang diri anda dengan baik, maka anda akan memperoleh banyak
manfaat. Diantaranya adalah anda akan semakin terkenal. Anda akan
menjadi inspirasi banyak orang, akan banyak dapat job atau proyek
yang anda peroleh, tentunya akan semakin lancar bisnis anda.
Bagaimana membangun
personal branding yang baik itu?
Dibawah ini adalah langkah yang bisa anda praktekkan untuk membangun personal
branding :
- Siapakah anda? Tunjukkan bahwa anda adalah orang yang berada dibalik blog anda. Dengan memberikan penjelasan tentang nama, identitas diri, pendidikan, dan kemampuan yang anda kuasai. Tidak semuanya harus baku. Anda bisa memilih apa yang ingin anda sampaikan.
- Bagaimana orang lain mengenal anda? Tentunya dengan media sosial anda akan berhubungan dengan banyak orang. Ciptakan kesan yang baik terhadap semua teman dan kolega anda tanpa pandang bulu. Tentunya sebagai timbal balik, anda akan mendapat penilaian yang baik juga dari mereka.
- Apa yang ingin anda capai? Buatlah produk atau jasa yang anda inginkan. Kenali seluruh konsumen dan rencanakan dengan baik hubungan komunikasi yang lancar dan tetap konsisten.
- Ciptakan brand (merk) anda. Tetnnya dengan nam dan slogan yang mudah diingat yang menampilkan karakter anda.
- Buatlah blog anda sebagai pusat komunikasi online. Gunakan sosial media untuk berbagi ke seluruh jaringan anda.
- Ikutilah orang-orang yang berpengalaman dibidangnya. Dan belajarla pada mereka. Dan buatlah hubungan yang baik. Aktiflah berkomunikasi dalam group dan forum.
- Buatlah konten yang asli dalam blog anda. Konten yang bernilai, berguna bagi para pengunjung blog dan selalu meng-update hal baru tentunya.
- Aktif dan banyak terlibat dalam komunikasi pengguna lainnya, memberikan komentar yang berarti. Berbagilah konten yang bernilai dari orang lain.
- Tetaplah terus update apa yang diakatakan orang lain tentang Brand anda. Selalu menerima saran dan kritik secara profesional.
SEO,
Konten, Links, dan Personal Branding berhubungan erat dan saling
mendukung satu sama lainnya. Jika anda dapat membangun hal itu semua
dengan baik, maka dipastikan anda termasuk orang yang berhasil dalam
blogging.
EmoticonEmoticon