Cara Menggunakan Channel Google Adsense


Apakah anda salah satu publisher Google Adsense ? Salah satu fitur Google Adsense yang berguna adalah channel atau kanal/saluran. Mungkin banyak yang belum tahu untuk apa kegunaan channel. Pastinya, jika anda bisa menggunakannya dengan benar, channel bisa menjadi sangat bermanfaat.

Kegunaan Channel pada Google Adsense :

Kegunaan channel salah satunya adalah untuk memonitor pendapatan adsense. Anda bisa memasukkan iklan pada channel yang berbeda, dan dari situ anda bisa memantau pendapatan. Mana channel yang performanya bagus, dan mana yang tidak.

Selain itu, salah satu kegunaan lainnya adalah sebagai Ads Placement Targeting atau target penempatan iklan. Secara otomatis, Google akan mengatur penempatan iklan pada situs anda. Namun dengan menggunakan channel, anda bisa menawarkan tempat-tempat khusus di situs anda kepada pemasang iklan. Dan apabila situs anda memiliki trafik yang tinggi, maka pemasang iklan akan berlomba-lomba memasang tawaran (bid) pada lokasi iklan yang anda tawarkan tersebut. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi anda.

Cara menggunakan channel untuk mempromosikan tempat iklan anda kepada pengiklan adalah sebagai berikut :

Nama channel : isikan nama yang deskriptif dan mengandung keyword tentang isi situs anda.

Setelah itu pilih ads unit yang akan dimasukkan ke channel tersebut. Nah untuk menawarkan channel ini kepada pengiklan, anda centang di bagian targeting.

Setelah itu, pada bagian ads appear on (lokasi tempat iklan ditampilkan) : spesifikasikan halaman mana saja yang akan menampilkan iklan tersebut,

seperti saya contohnya, iklan ditampilkan pada halaman artikel blog.
Kemudian, pada bagian ads location : spesifikasikan dimana posisi iklan berada pada situs. Contohnya : top left, middle right, dan sebagainya.

Biasanya iklan dengan posisi di bagian atas (top) adalah yang paling diminati.
Nah selanjutnya adalah bagian yang paling penting, yaitu deskripsi tentang tempat iklan yang ditawarkan. Pada bagian ini, kalian sebaiknya menampilkan ukuran iklan, nama situs, keyword situs, dan deskripsi singkat tentang situs.

Dan yang perlu diperhatikan, apabila anda memalsukan informasi yang ada di deskripsi ini, bisa saja anda terkena warning / peringatan dari Google. Tergantung kerugian yang dialami oleh pengiklan. Karena itu isilah dengan seakurat mungkin.

Yang terakhir adalah bahasa situs : isi dengan bahasa yang digunakan pada situs anda. Setelah selesai semuanya, klik Save/Simpan. 

Nah, anda kini sudah bisa menggunakan channel di google adsense. Anda juga bisa menambahkan lagi channel yang lain. Dan ini tentunya akan bermanfaat bagi peningkatan earning adsense anda. Semoga bermanfaat. 

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

9 comments

Write comments
BUku Gratis
AUTHOR
March 6, 2013 at 10:33 AM delete

Makasih atas infonya... ane jd ngerti :)
sukses dan sehat selalu mas;)

Reply
avatar
Walter Pinem
AUTHOR
April 2, 2013 at 9:38 AM delete

siip mantap. kalo gini pendapatan dari adsense bisa banyak nih. thanks gan :D

Reply
avatar
June 9, 2013 at 3:41 AM delete

Artikel yang sangat bermanfaat, udah ane praktekin gan.....:-D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
July 12, 2013 at 6:23 AM delete

met malam gan,mo curhat dikit nih,blog sy selalu ditolak adsense pd peninjauan ke 2,kl boleh mta sarannya apa yg harus sy perbuat dgn blog sy spy diterima,,mungkin kl ada waktu mampir ke propofit3.blogspot.com..makasih gan n met malam

Reply
avatar
August 6, 2013 at 3:41 AM delete

saya baru memulai untuk mencoba google adsense, moga artikel ini bermnfaat

tks ya sob

Reply
avatar
October 7, 2013 at 6:05 AM delete

Jelas banget tipsnya gan,,, udah ane praktekin langsung... thanks gan.

Reply
avatar
November 4, 2013 at 4:30 AM delete

Informasi yang bermanfaat, ane mau nyoba dulu ah... makasih pak boss..

Reply
avatar
Kang Ucup
AUTHOR
December 10, 2013 at 5:24 PM delete

informasi yang sangat mennarik untuk pemula seperti saya. uraiannya cukup lengkap sehingga mudah untuk saya ikuti.
terima kasih ya mas, salam kenal :)

Reply
avatar
HHRMA Bali
AUTHOR
June 19, 2016 at 11:21 AM delete

makasi tips nya gan. salam kenal...

Reply
avatar