Cara Menguji Template Blog


Jangan asal mengganti template blog jika anda tidak ingin hal buruk terjadi di blog anda. Memang pengalaman ini pernah saya alami sendiri. Karena bosan, saya iseng mengganti template blog saya yang sudah lama tidak saya utak-atik. Jenuh dengan tampilan blog dan ingin merubah wajah blog yang tidak monoton. Bagi saya renovasi blog seperti ini memang perlu untuk menambah semangat dalam dunia blogging.

Namun apa yang terjadi? Berharap trafik blog menjadi bertambah dengan tampilan yang bagus dan elegan, tapi apa yang saya dapat? Justru trafik blog saya menurun drastis. Drop sampai beberapa hari. Waduh, ini membuat saya menyesal dengan perubahan yang telah saya lakukan.

Memang, untuk mengganti template blog sah-sah saja. Dan dapat dilakukan kapan saja. Namun anda harus ingat, beberapa syarat yang harus anda penuhi sebelum anda memutuskan untuk merubah template blog anda tersebut.


Ada beberapa hal yang harus anda pikirkan terlebih dulu sebelum menggantinya. Hal sensitif utama adalah banyaknya trafik yang anda dapatkan sekarang, hal terpenting menurut saya dalam blogging adalah trafik, pengunjung blog, page views. Ini menjadi dasar utama anda. Perubahan template blog seharusnya berbanding lurus dengan trafik yang anda dapatkan. Jika trafik blog menurun tajam, berarti template anda tidak cocok. Penggantian template seperti ini akan menjadikan anda merugi. Oleh karenanya, yang perlu digaris bawahi adalah Template yang menunjang trafik anda.

Bagaimana template yang menunjang trafik itu?
Nah, ini baru to the point-nya. Tidak semua template itu bagus. Apalagi yang gratisan. Rata-rata template yang berbayar memang bagus dan mahal karena memiliki fitur yang banyak. Namun bagi anda yang ingin mencari Free Template Berkualitas, maka anda harus pandai-pandai memilih dan memilah-milah satu demi satu template tersebut.
Baca Juga : Template Blog Metro Style Terbaru
Jika anda mementingkan tampilan, maka anda bebas pilih mana yang anda suka. Banyak template yang memiliki tampilan bagus-bagus. Namun jika orientasi anda adalah pada Kecepatan, SEO, Responsive, dan sebangsanya, maka anda terlebih dahulu mengujinya.


Untuk mengetes template agar mendapatkan hasil yang maksimal, maka anda bisa mencoba tools berikut ini :
Baca Juga : Templates Toko Online
Biasanya, template yang lolos tester tersebut diatas adalah template yang berbayar. Karena memang memiliki fitur dan kelebihan yang banyak daripada yang gratis. Namun apa salahnya jika template gratis anda tersebut dites? Silahkan lihat hasilnya sendiri. Untuk menambah perbendaharaan template blog anda, Kang Babas akan berbagi koleksi Free Template Blog Berkualitas. Silahkan anda kunjungi Arlinda Design.

Saya adalah blogger otodidak. Didalam blog ini saya tuliskan apa yang telah saya kerjakan berdasarkan pengalaman pribadi. Saya berharap semoga semua artikel bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »